Jenis-jenis Memory Card

 

Ada beberapa jenis-jenis memory card yaitu :microSD

microSD Card merupakan form terkecil dari SD Card. Dikenal juga dengan sebutan TransFlash, atau T-Flash. Diperkenalkan tahun 2004. Dimensi 11×15×1 mm dengan berat 0,4 gram. Kapasitas 16 MB–1 GB.

miniSD

MiniSD Card memiliki ukuran ±60% dari SD Card. Mulai diperkenalkan pada tahun 2003. Writing protection switch tidak tersedia pada form ini. Dimensi 21,5×20×1,4 mm dengan berat 1 gram. Kapasitas 16 MB hingga 2 GB.

MS

Memory stick card diperkenalkan kali pertama pada tahun 1998 oleh Sony Corporation, untuk dipergunakan pada perangkat-perangkat Sony, khususnya kamera digital. Namun, terbatas untuk kapasitas 128 MB. Baru pada tahun 2003 diperkenalkan Memory Stick PRO, kapasitas dan kemampuannya berkembang.

SD

Secure Digital Card diperkenalkan tahun 2001 oleh SanDisk Corporation, Matsushita (Panasonic) and Toshiba. Dikembangkan dari MMC, sehingga memiliki banyak kesamaan. Dengan dimensi 32×24×2,1 mm (kurang lebih seukuran perangko), berat sekitar 2 gram. Kapasitas 16 MB hingga 4 GB.

SDHC

Atau Secure Digital High Capacity (SD 2.0) adalah ekstension dari standar SD yang mulai dihadirkan sejak Juni 2006. SDHC memungkinkan batasan kapasitas standar yang melebihi 2 GB. SDHC biasanya di format dalam bentuk file system FAT32. Ia menggunakan form factor yang sama dengan SD card biasanya. Ia menggunakan pengaksesan memory yang berbeda, yang mana memungkinkan kapasitas hingga mencapai 2TB (2048 GB). Namun asosiasi yang membentuk standar SD secara resmi, membatasi nilai maksimum dari SDHC hanya mencapai 32 GB saja.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s