Fosil Hidup Belut Pasifik

http://nationalgeographic.co.id/lihat/berita/1820/fosil-hidup-belut-pasifik

Belut Protoanguilla palau, yang baru ditemukan di Pasifik, disebut-sebut sebagai fosil hidup. Belut ini sangat berbeda, sehingga para peneliti membuat sebuah taksonomi baru untuk bisa menjelaskan hubungannya dengan belut modern.

Royal Society

“Belut ini lebih primitif dibandingkan dengan belut sekarang ini, bahkan lebih primitif dibandingkan dengan fosil belut tertua. Hal ini menyebabkan Protonanguilla menjadi fosil hidup,” demikian tulis peneliti dalam jurnal mereka. Para peneliti menyebutkan bahwa belut tersebut mengalami proses evolusi panjang sejak ratusan tahun lalu. Awalnya, ada berbagai pendapat yang muncul antara para peneliti, namun setelah analisis genetika peneliti yakin bahwa Protoanguilla memang belut purba.

Saat ini, peneliti sedang mencari penyebab diferensiasi belut sepanjang 18 sentimeter yang ditemukan di kedalaman 35 meter tersebut. Asumsi mereka saat ini adalah keluarga belut ini berevolusi secara independen sejak dua ratus tahun yang lalu, meninggalkan keasliannya di zaman dinosaurus Mesozoic. Peneliti mengatakan, garis keturunan Protoangullia pernah terdistribusi ke seluruh belahan dunia, karena sarangnya tercipta sekitar 60 hingga 70 juta tahun yang lalu. (Sumber: BBC)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s